Rabu, 02 Maret 2011

DIET

bagi cewe, cewe yang mau diet baca ini ! cekidot !
Tercapainya berat badan yang ideal bukan hanya bermanfaat secara estetika tetapi juga berdampak pada kesehatan. Banyak tipe diet ditawarkan misalnya diet atkins, diet mayo, food combining, diet golongan darah ataupun detoksifikasi, tetapi belum tentu memberikan hasil seperti yang diharap.
Kunci Sukses Diet terletak pada pengetahuan yang berada pada diri dieter atau orang yang melakukan diet. Pengetahuan ini yang kemudian harus dihayati dan diaplikasikan dengan sungguh-sungguh ketika melakukan diet.
Jenis pengetahuan yang mendukung suksesnya diet antara lain :

Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh (IMT)
Seseorang harus mengetahui indeks massa tubuhnya apakah berada pada kisaran underweight, normal, overweight, obese dan over obese. IMT dihitung dengan rumus berat badan dalam kilogram dibagi dengan kuadrat dari tinggi badan dalam meter. Kisaran IMT yang normal  antara 18,5-25. Seseorang dengan berat badan 50 kg dengan tinggi 1,5 m akan mempunyai IMT = 22,22 yang masuk dalam kisaran normal.  Dengan IMT yang normal risiko terkena penyakit degeneratif juga akan semakin kecil.
Kebutuhan Kalori
Kebutuhan kalori salah satunya ditentukan oleh berat badan. Untuk seorang wanita kebutuhan kalori dasar atau basal sekitar 25 kalori per kg berat badan sedangkan untuk pria 30 kalori per kg berat badan.  Misalkan berat badan seorang wanita adalah 50 kg, maka kebutuhan kalori dasar adalah 50 kg x 25 kal/kg yaitu sebesar 1250 kalori.
Jika melakukan aktivitas ringan maka faktor pengali adalah 1,5, bila melakukan aktivitas sedang faktor pengalinya 1,8,  sedangkan bila melakukan aktivitas berat faktor pengali adalah 2. Misalkan wanita dengan kebutuhan kalori dasar seperti yang telah disebutkan sebelumnya sebesar 1250 kalori melakukan aktivitas ringan maka kebutuhan kalori totalnya sebesar 1875 kalori.

Jumlah Berat Badan yang Ingin Dikurangi
Setelah mengetahui apakah nilai IMT dan kebutuhan kalori total, maka dapat ditentukan jumlah kalori harus dikurangi untuk mencapai berat badan ideal. Misalkan, wanita dengan berat badan 50 kg tadi ingin mencapai berat badan 45 kg, artinya harus mengurangi  5 kg.
Secara umum dapat digunakan hitungan ekivalensi 3500 kalori setara dengan 0,5 kg. Ini berarti bila wanita tersebut mengurangi asupan kalori sebesar 500 setiap harinya, dalam satu minggu ia akan kehilangan berat badan 0,5 kg. Untuk mencapai penurunan 5 kg diperlukan waktu 10 minggu atau 2,5 bulan.
Pengurangan kalori bisa dari pengurangan asupan makanan atau menambah aktivitas fisik yang membakar kalori.

Jenis Diet yang Sesuai
Tidak setiap tipe diet sesuai untuk seseorang. Dieter harus memilih jenis diet yang paling sesuai dengan dirinya berdasarkan pertimbangan fisiologis dan psikologis. Seseorang yang mempunyai permasalahan dengan ginjal sangat tidak disarankan untuk melakukan diet tinggi protein karena akan semakin membebani ginjal.

Aktivitas Fisik Mutlak
Berhentilah teriming-imingi dengan tawaran diet tanpa olahraga atau aktivitas fisik. Diet aktivitas fisik hanya akan berhasil dalam jangka pendek. Aktivitas fisik akan bermanfaat untuk menambah massa otot yang membakar kalori lebih banyak selain untuk menambah efek kardio untuk kesehatan jantung. Carilah informasi kebutuhan kalori bermacam aktivitas fisik sehingga Anda dapat memilih aktivitas yang sesuai.

Metabolisme dan Usia
Di atas usia 30 tahun metabolism akan melambat sebesar kurang lebih 10% per pertambahan 10 tahun umur.  Seseorang yang ingin tetap berada dalam berat badan ideal harus mengurangi asupan kalori 10% dari kebutuhan energi totalnya. Misalnya wanita yang kebutuhan energinya 1875 kalori, di atas usia 30 tahun harus mengurangi kebutuhan kalori menjadi sebesar 1687,5 kalori. Pada usia 40 tahun menjadi 1500 kalori.
Kuasai kunci sukses diet dengan melakukan diet secara cerdas yang didukung pengetahuan terhadap tubuh sendiri. Selamat berdiet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar